Dobrak Perkembangan Perekonomian Desa: Diskusi Panel UMKM di Desa Ciburuy

Perekonomian dan pembangunan desa merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Bagi desa yang belum dapat mencapai potensi maksimal, Smart Village Nusantara kini hadir untuk membantu pendampingan UMKM desa dari berbagai aspek.

Perekonomian Desa
Foto bersama UMKM pada Diskusi Panel UMKM Desa Ciburuy, KBB.

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat dimana manfaat kecanggihan teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu, prinsip efisiensi dan efektifitas harus selalu ditekankan dalam menjalankan usaha. Sebagai penggerak utama perekonomian desa, BUMDes dan UMKM perlu didukung melalui peningkatan wawasan kewirausahaan. Dalam program pendampingan Digitalisasi Desa (Smart Economy), Smart Village Nusantara (SVN) Telkom menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas UMKM dengan tema “Usaha dan Langkah Peningkatan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Bandung Barat – Padalarang” pada Jumat, 14 Oktober 2022. 

Diskusi Panel

Diskusi Panel pada pendampingan ini mengundang beberapa narasumber dengan keahlian yang berbeda-beda. Para narasumber kemudian memaparkan topik seperti Pengelolaan SDM, Penggunaan Teknologi, dan Attitude dalam Berbisnis. Narasumber yang hadir dalam diskusi ini diantaranya:

1. Wewen Surwenda (Sekdis Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat)

2. Prana Azis Sasdara (Ketua Forum UMKM Kabupaten Bandung Barat)

3. Prof. Dr. Masyhudzulhak Djamil Mz, S.E., MM. (Guru Besar Manajemen dan SDM Universitas Mercu Buana)

4. Dr. Ahmad Badawi (Pakar Kewirausahaan)

Pelatihan UMKM
Perekonomian Desa

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan UMKM sebelumnya yang telah dilakukan pada bulan Juli 2022 silam. Diskusi panel ini diharapkan dapat meningkatan wawasan UMKM dan BUMDes tentang kewirausahaan dan pentingnya memahami kebijakan, teknologi dan kepercayaan pelanggan terutama dalam menjaga kesinambungan program digitalisasi desa khususnya aspek Smart Economy. 

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi