HUT UU Desa ke-9: Membangun Desa Menjadi Garda Terdepan

Jakarta – Dalam rangka memperingati HUT UU Desa ke-9, SVN: Simpeldesa Telkom Indonesia turut hadir dan aktif berpartisipasi dalam menampilkan showcase solusi digitalisasi desa kepada para peserta beserta jajaran aparat desa yang menghadiri acara tersebut.

Acara tersebut dihadiri tiga organisasi besar desa yakni APDESI, ABPEDNAS, dan DPN PPI serta sejumlah KADES diberbagai provinsi di Indonesia. Acara tersebut diselenggarakan di Kompleks Gelora Bung Karno pada Minggu, 19 Maret 2023 lalu.

Ketua Dewan Pembina BPIP, Megawati Soekarnoputri turut hadir dan memberikan arahan kepada para peserta. Ibunda Ketua DPR RI Puan Maharani itu, duduk di bagian tengah pada jajaran kursi paling depan di atas panggung yang diapit oleh sejumlah petinggi negara.

Melalui pidatonya Megawati menekankan bahwa para kepala desa dan aparat desa harus mempertimbangkan musyawarah mufakat guna memahami propaganda yang kerap digunakan untuk menekan pihak tertentu saat ini tidak lagi bisa diterapkan. Menurutnya, Pancasila memberikan panduan agar dilakukan musyawarah mufakat

“Namun, jangan selalu desa dimarginalkan. Bukan hanya perkotaan yang harus dibangun. Di desa harus menjadi garda terdepan sekarang. Tidak lagi orang berpikir, ‘mari kita ke kota’. Tidak lagi orang mengais ke kota, tetapi harus turun dan lari ke desa,” ujar Surta Wijaya selaku Ketua Umum APDESI. Selain jajaran aparat desa, masyarakat desa juga harus berpartisipasi dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk mewujudkan desa digital, sehingga tidak menimbulkan perbedaan stigma antara desa dan kota.

Melalui pameran solusi digitalisasi desa ini, SVN: Simpeldesa berhasil memperkenalkan aplikasi desa digital SVN kepada KADES yang mengikuti acara tersebut. Sosialisasi tersebut dilakukan baik dengan pemaparan produk-produk SVN, demo, dan juga pembagian brosur kepada Kepala Desa. Harapannya, Smart Village Nusantara dapat menjadi solusi bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan dan memperluas digitalisasi masyarakat desa di Indonesia.

Mari bergabung dan wujudkan desamu menjadi Desa Cerdas dan Desa Digital bersama Smart Village Nusantara!

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi